Senin, 20 Juni 2016

Pernikahan (D)ini

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja ataupun tidak disengaja. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Sebagai contoh yang sekarang sudah banyak terjadi yaitu pernikahan dini.

Seperti yang dipikirkan memang pernikahan itu untuk niat yang baik. Namun terkadang pernikahan yang terlalu dini memiliki banyak dampak negatif meskipun ada juga dampak positifnya. Membangun sebuah rumah tangga itu memiliki tanggung jawab yang besar. Dengan usia yang muda dalam pernikahan tidak mudah mengelak dari godaan, ketika sudah menikah seseorang sudah memiliki tanggung jawab satu dengan yang lain terlebih lagi jika sudah memiliki anak.

Yang disayangkan banyak pasangan muda yang tidak bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Karena usianya yg masih muda sehingga sifatnya masih sangat labil dan mudah terpancing emosi. Belum lagi keadaan ekonomi yang belum stabil akibat umurnya yang masih muda.

Maka, untuk itu diperlukan tanggung jawab besar. Tanggung jawab yang bukan hanya kepada diri sendiri namun juga kepada keluarga, kepada orang tua dan juga terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Karena apa yang terjadi adalah keputusan dan pilihan sendiri.


~Terima Kasih~

Unsur : Manusia dan Tanggung Jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar